Mau makan lezat? Tambahkan katsubushi rasa umami!

Masakan Jepang atau kuliner khas Jepang memang sangat banyak dan nikmat. Maka tidak salah jika banyak orang Indonesia dan mungkin khususnya anda menyukai kuliner Jepang. Saat ini pun anda bisa menikmati makanan Jepang dengan lebih mudah tanpa harus mengunjungi negara Sakura tersebut. Salah satu makanan paling lezat yang juga bisa menjadi pelengkap setiap makanan adalah katsuboshi yang memiliki rasa paling lezat dan nikmat dan tentunya menyehatkan bagi tubuh kita.

47

Proses Pembuatan Katsuobushi

Katsuobushi merupakan pelengkap makanan olahan yang diawetkan dan bisa dimakan kapanpun dan dimanapun. Katsubushi ini terbuat dari bahan dasar ikan katsu atau ikan cakalang yang diproses menjadi keras. Ikan ini mulanya dibelah menjadi dua bagian dengan menghilangkan tulang, kepala dan juga ekor, sehingga nampak badan ikan seperti perahu.

Selanjutnya ikan ini direbus dan kemudian diasapkan hingga akhirnya ikan katsu menjadi keras. Setelah itu pun maka ikan katsu ini diserut bagiakan serutan kayu hingga nampak seperti serutan kayu yang tipis. Ikan ini pun sangat keras sehingga disebut pula sebagai ikan kayu karena kemudian diserut menggunakan alat ketam.

Katsuobushi ini yang telah diserut memiliki warna merah muda atau coklat muda, padahal ikan mentah sebelumnya memiliki warna layaknya ikan. Uniknya katsuobushi ini nampak bening dan halus setelah diserut, hingga kemudian katsuo ini diawetkan dan dikemas di dalam plastik bening.

Kandungan Katsuobushi

Ikan katsu ini memiliki kandungan vitamin yang banyak seperti vitamin B kompleks yang berguna bagi tubuh. sehingga tidak aneh jika banyak orang Jepang mengkonsumsi ikan katsu karena menyehatkan tubuh. selain itu, katsuobushi ini pun mengandung umami atau empat rasa dasar yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur di Jepang. Karena itulah rasa ikan ini sangat lezat dan nikmat. Ikan ini pun mengandung inosine dan unsur umami.

Katsuobushi untuk Pelengkap Makanan

Jika anda merasa tidak nafsu makan maka katsubusi bisa anda gunakan sebagai pelengkap makanan. Karena di Jepang, katsuobushi ini pun sering digunakan sebagai taburan untuk berbagai makanan. Yang paling khas adalah sebagai pelengkap untuk takoyaki dan juga okonomiyaki. Anda juga bisa mencoba memakan takoyaki yang sangat lezat dengan toping katsuobushi paling nikmat. Maka anda bisa merasakan kelezatan yang bisa menggugah selera setiap makan.

Katsuobushi memang biasa digunakan sebagai pelengkap makanan untuk masakan berkuah sehingga bisa diambil kaldunya cukup dengan direbus. Selain itu, katsuobushi ini pun digunakan untuk ditaburkan pada makanan yang digoreng atau masakan kering seperti halnya takoyaki dan juga okonomiyaki.

Katsuobushi akan lebih nikmat dan lezat jika ditaburkan bersamaan dengan aonori atau bubuk rumput laut, tentu rasanya akan menjadi sangat yummy. Anda bisa merasakan rasa yang khas dari masakan Jepang, dan dengan memakannya anda bisa merasakan kuliner Jepang yang begitu nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *